Setting Printer di Linux

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Dari dulu sampai sekarang, printer termasuk salah satu hardware yang sangat diperhatikan di Linux.  Namun, perkembangan printer yang begitu cepat, ditambah dengan produsen yang tidak memberikan drivernya untuk jalan di Linux, serta berbagai permasalahan menjadikan printer sebagai hardware yang dukungannya bisa dibilang sangat minim. Namun jgn putus asa, dalam setahun terakhir ini, linux semakin ok supportnya thd printer.


Mandrake10.1 salah satu distro Linux yang cukup baik memberikan dukungan dalam bekerja dengan printer. Dengan PrinterDrake dari Mandrake Linux Control, kita tidak perlu mengedit berbagai macam file konfigurasi ketika bekerja dengan printer lokal ataupun jaringan


Dari dulu sampai sekarang, printer termasuk salah satu hardware yang sangat diperhatikan di Linux.  Namun, perkembangan printer yang begitu cepat, ditambah dengan produsen yang tidak memberikan drivernya untuk jalan di Linux, serta berbagai permasalahan menjadikan printer sebagai hardware yang dukungannya bisa dibilangan sangat minum.

Mandrake10.1 salah satu distro Linux yang cukup baik memberikan dukungan dalam bekerja dengan printer. Dengan PrinterDrake dari Mandrake Linux Control, kita tidak perlu mengedit berbagai macam file konfigurasi ketika bekerja dengan printer lokal ataupun jaringan

 

Berikut ini, kita akan membahas tip-tip bekerja dengan printer Lokal di Mandrake 10.1

 

  • a.  Aktifkan PrinterDrake melalui Menu System Configuration Configure your computer, maka akan muncul tampilan :

 Gambar 1 : Mandrake Linux Control center

  • b.  Pada menu pilih Hardware maka akan muncul Hardware yang akan dikonfigurasi, maka pilih Printer

     Gambar 2 : Printer Management Tools

          


  • c.  Klik Add Printer, maka Linux akan menampilkan infomasi untuk menapilkan window untuk menambahkan Printer setelah itu klik Next

     Gambar 3 : Add New Printer

   


  • d.  Maka Linux akan menanyakan jenis koneksi printer. Ada beberapa jenis pilihan koneksi printer, dalam pilihan ini pilih Local printer karena kita akan mensetting printer di lokal komputer, setelah itu klik next

     Gambar 4 : Koneksi Printer



  • e. Linux akan menampilakan device pararel dimana printer akan dipasang (/dev/lp0), klik next dan Linux akan menanyakan jenis printer yang kita punya. Setelah memilih jenis printer klik Next maka Linux akan menampilakan settingan printer dan klik next lagi

    Gambar 5 : Pilihan Model Printer



  • f.  Maka Linux akan menampilkan jenis nama dan deskripsi dari printer yang telah kita instal klik next lagi maka kita akan dibawa ke jenis kerta untuk Test Printer  untuk pilihan ini kita pilih aja pilihan default klik Next dan Linux akan menayakan apakah printer bekerja secara baik atau tidak. Apabila  printer tidak bekerja secara baik maka pilih No namun bila printer bekerja dengan baik klik Next lagi.

   Gambar 6 : Nama dan Deskripsi Printer

  


Gambar 7 : Jenis Kertas  Untuk Test Printer

    


Printer kita telah terinstal dengan baik di Linux dan siap untuk dipergunakan

    Gambar 8 : Printer Telah Setting




Terima kasih kepada Stanly Simamora atas tulisan yang sangat menarik ini. Stanly bekerja di sebuah lembaga pendidikan, dimana dalam usianya yang masih sangat muda ia telah bekerja dan bermain dengan Linux si penguin imut namun tangguh.

Comments (7)
  • ichal
    tolong banget nih...tugas dari kampus
    saya ingin tau lebih jauh mengenai linux RedHat9 krn saya sekarang menggunakannya masalahnya saya tidak tau cara menginstal aplikasi2 disini (pemutar mp3, mengganti openoffice, dsb), menginstal printer cannon i255, menditeksi FlashDisk...(di mana saya dpt memperoleh keterangan lebih terperinci maklum masih pengguna awam)atau apa saya harus mengganti Distro Linux yang lain (beri contoh..)
    Tolong segera di balas
  • ari
    Hi Ichal,
    1. Untuk install aplikasi kamu bisa memakai menu dari Desktop > System Settings > Add/Remove Applications. Tapi setahu saya, untuk mp3, RH tidak menyertakannya secara default karena masalah lisensi. Kamu perlu menambah dahulu repository lain seperti livna dan dries. Coba kamu baca artikel saya yg mengenai yum.
    2. Soal Flash disk sih mestinya udah otomatis deh. Tapi kalo ternyata belum. Coba setelah kamu colokkan flash disknya, sebagai root, kamu jalankan command ini:
    mkdir /mnt/flashdisk
    mount /dev/sda1 /mnt/flashdisk

    Bisa pula sambil monitor apa yang terjadi di log file sebagai root:
    tail -f /var/log/messages

    3. Mengenai distro, RH9 sih menurut pendapat saya udah cukup tua yah, kalo bisa kamu pakai distro masa kini seperti Fedora Core 4, atau mandriva 2006.
    Ok Sukses!
  • ichal
    Thank's banget atas sarannya benar kayanya saya akan mengganti RedHat9 saya karena sudah tua..tp kenapa di berbagai polling RedHAt tetp menduduki kelas teratas..??
    RedHat 434 (34.31%)
    Mandrake 394 (31.15%)
    SuSe 151 (11.94%)
    Debian 49 (3.87%)
    Slackware 94 (7.43%)
    Gentoo 5 (0.40%)
    Lycoris 2 (0.16%)
    Knoppix 59 (4.66%)
    Xandros 35 (2.77%)
    Lindows 19 (1.50%)
    Lainnya 23 (1.82%)
    Maaf kenapa Distro yang Mas Ari pilih tidak terdaftar...??
  • Mycson
    saya pakai mandriva untuk instal printer selalu gagal padahal saya sudah mengikuti petunjuk ini. di mandriva 2006 kok tidak ada pilihan ketika add new printer "printer on SMB/win98/NT server" juga tidak ada pilihan "Network Printer(TCP/Socket)" soalnya saya pakai printer sharing (IP sendiri) dan printer di local LAN dengan win 98.
    tolong dibantu bagaimana caranya. thx
  • Safruddin
    Bagaimana cara menginstall printer HP color laser jet 2605dn di Linux
  • usman
    bagaimana install driver printer, ketika linux tidak mendeteksinya.
  • usman
    salam Linux.
    bagaimana kalau linux tidak mengenali hardware printer ?. apakah bisa menggunakan driver printer versi windows untuk di pakai di linux?.
Only registered users can write comments!