Pengalaman Mengikuti Ujian RHCE

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

RedHat Certified Engineer (RHCE) adalah sebuah istilah yang menjadi impian saya semenjak saya terjun ke dalam dunia Linux. Akhirnya setelah berbagai pertimbangan dan kesempatan, saya memberanikan diri mengikuti ujian tersebut. Bagaimana kisah dan hasilnya? Sebelumnya marilah kita membahas terlebih dahulu mengenai fenomena ini. Mengapa hampir di semua bidang industri, khususnya teknik dan komputer terdapat istilah 'sertifikasi'? Secara umum hal ini muncul karena adanya 'standarisasi'. Dan sertifikasi adalah salah satu tolak ukur di dalam mengukur kompetensi seseorang di dalam bidangnya. Berbagai vendor besar seperti Microsoft dan Cisco memiliki program sertifikasinya sendiri, tidak ketinggalan Redhat sebagai salah satu vendor terbesar distro Linux.

Sertifikasi apa yang dapat kita ambil dari Redhat? Ada 3 yang utama:
* RHCT, RedHat Certified Technician
RHCT certification indicates that the person has passed a realistic performance-based lab exam that tests his/her ability to: install and configure Red Hat Linux; understand limitations of hardware; configure basic networking and file systems for a single system attached to a network; configure the X Window System; perform essential Red Hat Linux system administration; configure basic host security, set up client-side networking services required to attach to a production network, and carry out basic diagnostics and troubleshooting.

The readiness objective of RHCT is to assure a minimum level of systems administration skills so that a person is "ready from a technical point of view for professional responsibilities in installing, configuring, attaching, and supporting Red Hat Linux systems on an existing production network."

* RHCE, RedHat Certified Engineer
RHCE certification indicates that the person has passed a realistic performance-based lab exam that tests his/her ability to: install and configure Red Hat Linux; understand limitations of hardware; configure basic networking and file systems for a network; configure the X Window System; perform essential Red Hat Linux system administration; configure basic security for a network server; set up and manage common enterprise networking (IP) services for the organization, carry out server diagnostics and troubleshooting.

The readiness objective of RHCE is to assure standard level of systems and network administration skills so that a person is "ready from a technical point of view for professional responsibilities in setting up, configuring, and managing a Red Hat Linux server running common enterprise networking services and security."

* RHCA, RedHat Certified Architech
RHCA is a capstone certification to RHCE and RHCT, the most recognized, acclaimed, and mature certifications in the Linux space. The full RHCA curriculum consists of four advanced 400-level Enterprise Architect courses and an upper-level security course.

Ngapain sih ambil sertifikasi, yang penting kan kemampuannya?
Tentu tidak sedikit yang bertanya2 demikian, dan memang bahwa kenyataannya banyak para pakar Linux yang belum atau memang tidak ingin mengambil sertifikasi ini. Well, bagi saya pribadi hal ini memang untuk kepentingan pribadi saya, karena memang dari dulu saya ingin memilikinya tanpa maksud sesuatu lainnya. Jadi memang semuanya kembali ke masing2 pribadi.

Tapi secara luas dapat saya katakan kegunakan sertifikasi ini adalah:
1. Membantu kita di dalam menyatakan kompetensi kita kepada perusahaan.
Terutama bagi kita2 yang sedang mencari pekerjaan, tentunya dengan memiliki sertifikasi ini dapat menjadi nilai tambah di dalam persaingan mencari pekerjaan.

2. Membantu perusahaan di dalam mencari tenaga2 kompeten yang diinginkannya.
Dengan adanya sertifikasi ini, perusahaan dapat setidaknya mengidentifikasi dari awal para pelamar yang sesuai dengan kriteria yang dicarinya. Tentu pernah kita lihat beberapa perusahaan mulai menyebutkan salah satu persyaratannya adalah memiliki sertifikasi RHCT/RHCE.

Nah, keliatan kan kegunaannya sertifikasi?
Sekarang bagaimana caranya mendapatkannya? Tentu saja dengan mengikuti ujiannya. Tapi perlu diketahui bahwa ujian sertifikasi RedHat adalah bersifat 'performance based'. Jadi bukan dalam bentuk multiple-choice atau pilihan berganda. Tentu kita ingat anekdot yang mengatakan bahwa jika kita ingin lulus ujian multiple-choice, jangan lupa pakai kemeja, agar ketika kepepet kita bisa 'menghitung kancing' untuk mendapatkan jawaban a b c d yang tepat :)

Tidak demikian di dalam ujian performance based, bentuk ujian ini adalah praktek 100%. Oya, sebelumnya perlu saya katakan bahwa sebelum mengikuti ujian, saya diharuskan untuk menjamin kerahasiaan ujian ini. Hal ini tentu saja untuk menjamin mutu dan fairness ujian ini. Jadi mohon maaf saya tidak dapat menceritakannya :)

Yang dapat saya katakan disini adalah, ujian RHCE ini dibuat berdasarkan kasus2 nyata yang terjadi di dalam dunia kerja yang sebenarnya. Yang menarik disini adalah, karena sifat Linux yang sangat modular dan terbuka (open), maka tidak jarang di dalam menyelesaikan sebuah persoalan, terdapat lebih dari 1 cara di dalam menyelesaikannya. Jadi seperti soal Trigonometri gitu deh. Ibarat seorang yang akan berangkat ke medan pertempuran, kita telah dibekali dengan pengetahuan dan persenjataan lengkap (command2, tools, dll). Selanjutnya terserah kita bagaimana menjalankan pertempuran tersebut.

Oya, ada 2 jenis training yang dapat kita ambil di dalam persiapan ujian RHCE ini, yaitu: standard dan rapid (cepat).
Yang standard terdiri dari:
  • RH033, ditargetkan untuk IT professional yang belum punya pengalaman Linux sama sekali. Dimaksudkan untuk persiapan training RH133.
  • RH035, ditargetkan untuk IT professional yang pengalaman di dalam MS Windows. Dimaksudkan untuk persiapan training RH133.
  • RH133, ditargetkan untuk IT professional yang telah memiliki pengetahuan dasar networking dan server. Dimaksudkan untuk persiapan ujian RHCT.
  • RH253, ditargetkan untuk IT professional yang telah mengikuti RH133 dan ingin mendalami setup RH server. Dimaksudkan untuk persiapan ujian RHCE.

Yang rapid adalah:
  • RH300, ditargetkan untuk IT professional yang telah berpengalaman di dalam mensetup dan mengadministrasi UNIX/Linux system. Berlangsung secara full-day 4 hari dan pada hari ke-5 mengikuti ujian RHCE.

Kita dapat mengikuti training2 tersebut di Bajau.com, sebagai satu2nya Authorized Training Partner RedHat di Indonesia (update: per Januari 2007, satu2nya Authorized Training Partner RedHat adalah Indolinux.com). Saya mengikuti yang RH300 dan .. sungguh melelahkan. Selain full-day, ilmu yang kita dapatkan sangat banyak. Jadi kondisi stamina mesti benar2 dijaga. Tapi saya salut dengan materi dan instrukturnya. Sangat kompeten dan sabar di dalam menjelaskan materinya kepada peserta. Banyak ilmu yang saya dapatkan di dalam training ini dan sungguh2 membuka mata saya betapa powerfulnya Linux (dalam hal ini RedHat) di dalam environment corporate. Sebagai gambaran ujiannya, dapat dilihat di https://www.redhat.com/training/rhce/examprep.html Saya berhasil melewati RHCT dengan point 100% (syarat lulus 80%) dan 90% (syarat lulus 70%), namun untuk RHCE masih kurang yaitu 64,3%. Rasanya karena saya kurang teliti. Semoga di kesempatan berikut dapat lebih baik.


Kesimpulan.
Perlu tidaknya sertifikasi kembali ke masing2 pribadi, tetapi secara professional, sertifikasi ini berguna baik bagi para individu dan perusahaan di dalam saling bertemu.

Update (29 September 2006)
Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya saya berhasil juga lulus RHCE dengan point RHCT 100% dan RHCE 96,4%. Sungguh merupakan hal yang menguras pikiran dan tenaga. Terima kasih atas dukungan teman2 semua.



Bukit Sentul Selatan, 30 April 2006.

Comments (32)
  • Kemas
    Selamat Mas Ari.. :)
  • yudi
    Selamat :-)
    Semoga nanti Mas Fajar mau melayani pertanyaan rekan2 milis tanya-jawab linux. Ilmu kalau tdk diterapkan kayak pedang yg tersimpan terus dalam sarungnya akan berkarat ...
  • Xaviero
    Gooooodddd....!!!!! :) Selamat, Congrat.....
    Btw, koq cuma Redhat yg ngeluarin sertifikasi ya ? gimana dengan debian, slackware dan FreeBSD ?? itu juga OS Open Source yg tokcer... Tanya kenapa ? malah kebanyakan yg ditemui dilapangan (bukan versi corporate :) ) , banyakan OS untuk route, firewall, database server adalah freebsd.
    Kita bikin aja yukj, FBSD certified Enjinir... :)
  • Mycson
    Selamat yach mas Fajar semoga dengan artikel ini akan menambah wawasan ma Fajar dan akan memancing yang lain untuk saling mendalami ilmu Linux sehingga kita semua bisa saling bantu dalam bidang Ini.
  • AJW
    selamat yak oom...jadi ikutan pengen...ntar deh nabung dulu...itu juga klu bensin kagak naek lagi...kekekekekek :D
  • zaidi
    saya om ari
    saya cuma lulus RHCT, rhce kurang tuh
  • micokelana
    Wah selamat atas sertifikasi yg diperoleh ya Mas, jadi pengen juga nih, tapi hrs belajar giat dulu nih.
  • Jo
    wah, gw pengen banget nih dari dulu dapet RHCE.....
    selamat ya bos....
  • Fauzi
    Selamat mas Ari, saya juga ingin memiliki sertifikasi linux, dengan alasan yang kurang lebih sama.

    Selamat sekali lagi.

    Fauzi
  • handoko
    selamat mas fajar atas diraihnya sertifikasi linux dan jangan lupa tuk bagi-bagi dong? ilmunya.
    Aku belum begitu mengenal linux mas, ingin sekali belajar. Gimana dong caranya>?
  • andi
    toop semoga sukses terus dan terus share ilmu
  • fajri
    Mas saya pengen belajar linux. Apa ada situs yg memuat semua ttg linux buat newbies? Trus apa linux udh punya softare desktop publishing spt Adobe PageMaker, Photoshop, CorelDraw, and AutoCAD?
  • Arif
    Kalau mas Ari yang 'mumpuni' aja sudah RHCT serta masih dan sedang mengejar RHCE, bisa dibayangin skill performance para Lulusan RHCE, dengar2 lulusan RHCE di indonesia masih sekitar 20an orang saja ..
    Bagaimana lagi kemampuan para "GURU" RHCA ? sudah adakah di indonesia
    Doain saya yah mas Ari , karena Insya Allah target saya tahun ini memperoleh sertifikasi Jewel Crown "RHCE" ini.. Amien
  • Reza Ishadi
    Selamet mas...
    Wah emang bener bikin capek yah RapidTrach course ini. Balik ke th2003, saya inget betapa bikin pegel kursusnya.
    Sayang sertifikat saya udah expired nih... waktu itu masih pake RH9 (biarpun dibilang current). hehehe

    saya share juga nih (check directly to RH) :
    https://www.redhat.com/training/certification/verify/?rhce_cert_displa y:certno=809003155909379&rhce_cert_display:verify_cb=Verify
  • ary_p
    selamet yah mas fajar,moga aja bs dpt RHCE en RHCA biar org indon bs kompeten di dunia :D..
  • Radios Hendrartijanto
    Selamat dah sukses buat Mas Fajar, Insya Allah bangsa Indonesia bisa lebih maju dan disipline jg buat Mas Onno. Sama seperti Mas Handoko, klu mo belajar linux dan mengenali linux bgmna Mas...makasih ya..

    Bravo Indonesia
  • Bambang Gunawan
    Selamat kepada Fajar. Wah, saya bangga juga karena Mr. Hokky sendiri mengira Fajar adalah anak saya. Baca di http://bg.penabur.org/rama/ ada foto-foto yang dikirimkan oleh Mr. Hokky.
  • kave
    Congrats um Tigs...
    Makin cool aja deh, jd makin terpacu aja neh balajar Linux ;-)
    Moga sukses selalu dan tetap bisa berbagi pengetahuan yang bermanfaat demi kemajuan bangsa dan negara ;-)
  • arigato
    hebaat, salut deh buat mas ari,...smoga makin bermanfaat dan berbagi dengan kita-kita di seluruh nusantara...
  • echow
    Bravo... Semangatku jadi bangkit lagi setelah hampir putus asa belajar Redhat. Selamat Mas Ari
  • Re.gunawan
    Wuiiiihhhh, tambah perkasa aja nich Bpk Fadjar P didunia Linux, bagi-bagi ilmunya donk sama kami. Biar linux makin memasyarakat dan mudah di gunakan...khan Mottonya Ilmu Pengetahuan adalah milik bersama. Success selalu..dan keep contact yach..GBU
  • noone
    BTW, biaya kursus paket RH300 ini berapa duit om ??
  • budiarto
    kursus RH nya dimana? biaya berapa?
  • Wenas
    Selamat buat RHCE nya Mas Ari. Semoga keberhasilannya ini bisa memacu dan menulari kami para newbie2 linux... Sekali lagi congrat yee
  • iswayana
    maju terus pantang mundur,
    semoga mampu menjadi motivasi bagi rekan lainnya untuk lebih mengembangkan ilmu bagi negeri tercinta. amien
  • urdsama
    Cuma ada kekurangannya. Pertama, RH certification adalah vendor based jadi yang diuji lebih ditekankan pada produk RH Linux bukan Linux itu sendiri. Kedua, tidak semua test based adalah lebih jelek dari performance based dan belum tentu bahwa peserta yang lulus performance based test bisa lulus di test based mengingat perubahan dari sifat test based itu sendiri yang mengurangi jumlah soal pilihan ganda dan memperbanyak essay sehingga memperkecil kemungkinan untuk menebak begitu juga sebaliknya. Yang ketiga adalah biaya ujian performance based yang cukup mahal dibandingkan dengan test based. Pendapat ini bukan berarti merendahkan kawan-kawan yang mengambil RH certificate cuma saya melihat dari sisi yang lain. Dimasa depan pun saya akan mengambil ujian RHCE atau SUSE SCLM bila waktu, uang dan tempat memungkinkan. Dan yang paling utama adalah pengalaman sebagai Linux System Administrator..:)
  • Endro Cahyono
    Pak Fajar, makasih banyak sudah mengajar saya dengan baik waktu training RH133 , sehingga aku bisa lulus ujian RHCT dengan hasil yang lumayan.Thank's very much.
  • athailah
    Untuk biayanya berapa total semua yang di habiskan untuk mengikuti trining ini?
  • m sembiring
    selamat Mas Ari :)
    semoga konsisten dengan motto ya mas ari. saya baru mulai belajar, tolong iformasi dan tip triknya...
  • Mohd Irwan Jamaluddin
    Tahniah! Moga makin ganteng selalu :)
  • surya
    Mas Ari,gimana saran anda untuk saya.
    saya ingin mendapatkan certificate RHCT,
    saya baru menggunakan linux mungkin 3 bulan yang lalu,
    saya pake OEL5, sekarang saya benar-benar beralih ke linux
    dari windows. Dapat menggunakan gnome desktop dengan baik
    meski tidak pernah menghafalkannya, bisa instalasi
    software di linux termasuk oracle database, bisa mount
    ntfs file dengan ntfs-3g.

    Saat ini saya ingin mengambil training linux RH131 tapi
    apakah perlu saya juga mengambil RH033 sehingga lebih
    komplit untuk ujian RH202?
    Mohon dibantu sarannya, mas Ari
    Thankyou
  • Muh. Arif Rahman
    Assalamu Alaikum..
    Mas Fajar Biaya buat ikutan kursus linuxnya berapa?
Only registered users can write comments!