Download Materi Training Intro to Linux Arinet

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Selama tahun 2005 banyak terjadi peristiwa yang cukup besar dalam dunia IT di tanah air. Dimulai di awal tahun dengan mulai dilakukannya razia-razia terhadap penggunaan software bajakan, baik di lingkungan warnet maupun perusahaan. Razia ini didasarkan pada UU HAKI No. 19 tahun 2002. Yang sempat menjadi polemik adalah tetap terjaringnya warnet yang jelas-jelas telah menggunakan software berlisensi resmi.

Hal ini ternyata terkait dengan adanya EULA (End User License Agreement) yang menyatakan bahwa walaupun seseorang telah memiliki lisensi yang sah, namun ia dilarang untuk menyewakan software tersebut. Beruntung akhirnya masalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Kejadian-kejadian tersebut mengharuskan para pengguna software bajakan memilih 2 alternatif, yaitu: membeli lisensi yang sah, ataupun beralih menggunakan software Open Source. Bagi yang ingin membeli lisensi tentu harus bersiap-siap menyediakan budget yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dari sisi lisensi tentulah menggunakan software Open Source adalah yang paling masuk akal dan ekonomis, apalagi di saat kondisi ekonomi yang semakin berat.

Dari sisi migrasi, walaupun secara low profile dan tidak diketahui umum secara luas, beberapa group perusahaan besar sedang bersiap-siap dan telah melakukan migrasi ke Open Source. Hal ini bukanlah hal yang mudah dan memerlukan perencanaan yang matang. Dan juga harus diakui bahwa sumber daya manusia yang menguasai solusi Open Source masih belum terlalu banyak tersedia.

Oleh karena itu demi membantu perkembangan dunia Open Source dari sisi pelatihan sumber daya manusia Indonesia, tersusunlah materi training Fast Track Introduction to Linux ini. Demi menghormati semangat Open Source pula, materi training ini memakai lisensi Creative Commons seperti yang tercantum di http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/2.0/ yang intinya adalah: 1). Kamu harus memberikan atribut yang sesuai dengan yang ditentukan oleh penulis, 2). Tidak untuk keperluan komersial, 3). Share alike, dalam arti segala perubahan yang terjadi harus menggunakan kondisi lisensi yang identik dengan yang ini. Dengan demikian diharapkan bahwa sifat keterbukaan dokumen ini akan tetap terjamin dan bermanfaat bagi semua orang yang memerlukannya, terutama bagi keperluan pendidikan.

Terima kasih kepada Oom Onno W. Purbo dan I Made Wiryana yang telah memberikan inspirasi kepada saya untuk berbagi ilmu kepada semua orang, dan juga kepada Pak Bambang Gunawan yang saya kagumi seperti orang tua saya sendiri dan kepada semua rekan di komunitas Open Source Indonesia yang benar-benar saya rasakan kebersamaannya.

Merdeka!,
Fajar Priyanto
Ilmu Pengetahuan adalah Milik Bersama

ari_stress a.k.a tiger74 a.k.a Fajar Priyanto
Jakarta, 9 November 2005. fajarpri at arinet dot org
Penulis adalah Microsoft Certified Professional yang jatuh cinta kepada Linux.
Comments (20)
  • batamedia
    Downloadnya dimana Om Ari?
  • ari
    Bisa download dari menu download.
    Masuk ke Kategori Artikel
    Trus ke Linux Umum
    Atau singkatnya: http://linux2.arinet.org/index.php?option=com_remository&Itemid=31&fun c=fileinfo&filecatid=18&parent=folder
  • fahmi
    saya tertarik untuk belajar linux
    dan salut untuk mas, atas ilmu yang diamalkan

    wassalam
    fahmi
  • ari
    Terima kasih Fahmi. Semoga semakin giat belajar Linux.
  • Teguh Wahyudi
    baru
  • iswayana
    saya pemula di os linux, saya sangat berterima kasih atas usaha anda untuk menyebarkan ilmu pengetahuan di bidang linux. Maju terus, dukungan saya untuk anda. Merdeka
  • priyo
    Saya pemula di linux, baru kali ini mo belajar serius. Berkat om ari, aku jadi ga pusing2 banget. Thanks banget yah ilmunya, semoga mendapat balasan dari 4JJI (Amin).
  • Lokiasan
    Saya adalah pemula dalam System Linux, entah mau belajar dari mana dulu. Jadi manual book adalah salah satu info untuk saya.
  • Lokiasan
    Hai, apa kabar semuanya, salam sejahtera.
    Saya membutuh manual-manual tentang linux, baik Redhat, Mandrake, ataupun Linux Fedora, dimana saya mendownloadnya? atau bisa anda kirimkan ke email saya lokiasan@telkom.net. Terima banyak untuk semuanya.... dah.....
  • Abah Agus
    Mas Ari saya pendatang baru di dunia Linux,dari mana saya mulainya mas?.
    Pls help me.
  • Rikiy Ramdani
    Saya ingin mengetahui tentang dasar - dasar linux, karena
    saya pemula dan tidak tahu dari mana dasar ilmu tersebut, dan ingin mengetahui kelebihan linux dibandingkan dengan system windows XP
  • deny
    mas Ari,saya baru di linux,saya butuh manual tentang linux,bagaimana saya bisa mendapatkannya ?
    terima ksih,
  • nurhaqqi
    mass. di mana links download nya..?
  • ariyadi
    iya mas ari dimana kami bisa download materinya. makasih
  • tukang_ngiboel
    waduuh tob dah boss admin ...!
    pokok nya salute + 3 Jempol ' dua jempol tangan + satu jempol kaki'
    btw. donlotnya dimana yaa ?
  • Syamsuri
    Mas Ari Bantuin dong, saya baru di linux dan ingin migrasi. Mohon manual instalasi mandrake/mandriva dan bagaimana cara download file iso dan cara burningnya. Thank berat ya.
  • Edy Suwarsono
    Terima kasih atas ilmu yang telah ditularkan semaga suskses selalu.
  • Edy Suwarsono
    saya perlu ilmu yang dapat saya pakai untuk belajar linux, semoga ilmu ini dapat bermanfaat bagi saya, terima kasih, semoga sukses selalu
  • Freddy Wuisan
    Belum ada comment, sedang mau belajar Linux
  • steve
    Mas aku mau belajar tentan glinux ,ni akuk baru akan masuk ke dunia linux. Tolong kasih saran aku harus memulai dari mana nih?
Only registered users can write comments!