Cara menjalankan Online Update di Opensuse 10.1

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Opensuse 10.1 dari Novell adalah distro yang mantap. Terus terang secara pribadi, ini adalah distro pertama yang saya rasakan paling READY untuk digunakan oleh user awam sekalipun (dan telah terbukti dalam implementasi). Namun jangan salah, dia tetap merupakan distro yang mengasyikan utk digunakan oleh Admin. Artikel ini akan menunjukkan cara untuk menyetel YOU (Yast Online Update)nya.

Suse memiliki utility bernama Yast. Yast ini merupakan salah satu utility konfigurasi yang paling powerful di dunia Linux. Lewat Yast kita bisa melakukan hampir semua konfigurasi Suse, seperti add/remove user, add/remove application, add/remove hardware, system services, server2, security, partition, dll.

Dapat dilihat di:

Memang sangat powerful Yast ini. Namun sayangnya di Opensuse 10.1 ada bug yang cukup mengganggu, yaitu di Online Updatenya. Jadi misalkan kita telah selesai menginstall Opensuse 10.1 kita, kemudian kita jalankan Online Update. Yast akan memberitahu bahwa ada update untuk komponen online updatenya. Namun ketika kita mencoba untuk mengupdatenya, proses update ini akan exit/gagal. Jadi serba salah, Yast akan bilang bahwa dirinya perlu diupdate, tapi proses update dirinya sendiri tersebut tidak berhasil. Akibatnya kita juga tidak dapat mengupdate paket2 yang lainnya.

Solusi
Di mailing list Suse dan chatting IRC disebutkan ada beberapa cara. Yang umum disarankan adalah mengupdate Yast menggunakan program updater alternatif yaitu 'smart'. Namun prosesnya rada panjang. Saya prefer cara manual, yaitu mendownload sendiri paket2 Yast yang perlu diupdate.

Paket2 tersebut dapat kita download dari:
ftp://ftp.gwdg.de/pub/suse/update/10.1/

Dan file2 yang kita download adalah:
libzypp-1.3.2-0.9.i586.rpm
libzypp-zmd-backend-7.1.1.0-42.53.i586.rpm
yast2-pkg-bindings-2.13.88.2-0.2.i586.rpm

Kita masukkan ketiga file tersebut ke suatu direktori, misalkan direktori /home/user/update.
Kita install dengan cara:
rpm -Uvh /home/user/update/*

Setelah terinstall, kita restart komputer kita. Sebab kalau tidak Yast akan complain mengenai unresolved symbol sesuatu.

Selanjutnya kita akan dapat mulai menjalankan Yast Online Update.




Di desktop kita juga ada icon Online Update yang terletak di dekat jam dan tanggal.

 

 

 

 

 

Melihat hal yang cukup mengganggu ini, para senior di komunitas Suse akhirnya mendesak Novell untuk meremaster ISO Opensuse 10.1 yang telah berisi fix-bug2 terakhir. Akhirnya Novell setuju, dan per akhir Oktober 2006 kemarin telah tersedia ISO Opensuse 10.1 'remastered'. Bagi yang ingin langsung memakai ISO terbaru ini dapat mendownloadnya gratis dari http://download.opensuse.org

 

Demikianlah artikel singkat ini. Opensuse 10.1 benar2 merupakan distro yang READY. Bagi kantor yang merasa memerlukan sesuatu yang lebih, baik dalam hal feature dan support, dapat menggunakan versi corporatenya yaitu SLED & SLES (Suse Linux Enterprise Desktop dan Server), dengan harga yang tentunya lebih ekonomis namun dengan kualitas dan realibility yang jauh lebih baik dari 'OS' yang selama ini kita ketahui gampang kena virus dan spyware :)

Merdeka!
v.1.0 by ari_stress a.k.a tiger74 a.k.a Fajar Priyanto Bukit Sentul, 10 November 2006. Email: fajarpri at arinet dot org. He is a Microsoft Certified Professional who falls in love with Linux. Now he's certified Linux Professional.

Comments (4)
  • nrkhlsmjd
    mo nanya....suse itu ada repository-nya gak??
    soalnya saya merasa kesulitan ketika installasi suatu program dimana dependency-nya berada pada cd yg berbeda...jadi harus bolak balik masukin cd...:(
    beda kayak debian dan ubuntu yg selama ini ku pake....
    tinggal konek repository...simple and mudah.
    trus ketika aku install opensuse 10.2 knp gak mau play file mp3 ya? padahal klo file ogg dan wav bisa??? alsa sama ossnya dah keinstall semua...
    jadi bingung pake suse...:(
  • st_b0y
    kok waktu mo install updatenya butuh libzypp.so.0??dimana carinya tuh??
  • HABIBI
    mas mo nanya ne..
    knapa PC gw jd lambat waktu gw isntal linux mandriva ya?
    apa ada hubungannya sama updatenya?
    thks ya.
  • Bram Pangestu
    mas, aku mau tanya dong....

    Klo aku mau update Suse 10.0-ku n lewat proxy gimana caranya?

    tia,
    Bram
Only registered users can write comments!