Screen: utility andalan admin Linux

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Sebagai admin tentunya kita sering melakukan session ssh ke server kita, baik dari kantor, ataupun dari rumah. Lewat session ssh ini kita mungkin mendownload program2 menggunakan wget, tapi bagaimana kalau filenya besar dan lama mendownloadnya, sedangkan kita sudah mesti mematikan komputer kita? Kalau kita matikan komputer kita, maka session ssh itu akan terputus dan hal2 yg sedang kita lakukan akan terhenti. Nah, sebuah program bernama 'screen' dapat berperan.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, screen ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi seorang admin. Namun herannya, sedikit sekali orang yang menyadari kegunaan program screen ini.

Apa yang dapat dilakukan oleh screen?
Program screen dapat dibayangkan sebagai sebuah 'pengganda' terminal. Kita dapat menjalankan banyak program secara interaktif dengan hanya menggunakan 1 terminal saja. Dan session yang terjadi akan dapat kita 'lepas' dan 'sambung' kembali ke terminal manapun.

Masih bingung dengan kegunaan screen ini? Coba deh kita membuka sebuah terminal dari PC kita, dan kemudian login menggunakan ssh ke server kita. Nah setelah login, coba jalankan program 'top'. Program top ini akan menampilkan beberapa informasi mengenai server secara real-time misalnya mengenai load processornya, process2 yang sedang berjalan apa saja, pemakaian memory, dll.

Kemudian kita tutup terminal yang kita buka tadi. Dan kemudian kita buka kembali 1 terminal, dan login ke server menggunakan ssh. Apa yang akan kamu dapatkan? Sebuah session ssh yang baru dan kosong. Dimana program top yang tadi kita jalankan? Ia akan ikut mati bersama terminal yang kita close tadi. Nah, dengan menggunakan program screen, kita dapat menjalankan program top tadi tanpa takut dia akan mati begitu kita close terminalnya. Dan nantinya kita dapat login lagi ke server tersebut, dan kemudian masuk ke dalam session yang tadi kita tinggalkan persis dalam kondisi real-time.

Menarik sekali bukan? Bagaimana cara menggunakan screen?
Sederhana sekali. Berikut ini contoh langkah2nya:
1. Buka terminal favorit kamu.
2. Login ke server, atau kita praktek di pc kita sendiri juga bisa.
3. Ketikkan: screen. Maka akan terlihat Welcome message seperti di bawah ini. Tekan Enter.


4. Nah, kita ini sebenarnya telah masuk ke dalam session screen. Bagaimana cara mengetahui cara bekerjanya screen? Kita lakukan test berikut ini: coba kita ketikkan "Haloooo, lagi nyoba session screen nih", dan tekan Enter.


5. Nah kemudian kita tutup terminal/konsole itu.
6. Kemudian kita buka kembali sebuah terminal. Apa yang kita lihat? Sebuah bash prompt yang kosong bukan? Seperti gambar di bawah ini.


7. Nah, disinilah magicnya: kita ketikkan command ini: screen -r


8. Maka apa yang kita lihat? Session yang tadi kita tinggalkan! Asyik bukan? :)
Hehe...


9. Oya sebelum terlalu happy, ada baiknya kalau kita mau mematikan terminal/konsole jangan langsung mengklik tombol Closenya. Pakailah cara yang lebih halus yaitu dengan "melepaskan/mendetach" session screen kita terlebih dahulu dengan menekan tombol Ctrl-a, kemudian d. Seperti di gambar berikut ini.


10. Lalu bagaimana cara mengakhiri session screen ini? Caranya adalah dengan mengetikkan command: exit. Hal ini penting untuk dilakukan, sebab kalau tidak session screen itu akan terus berjalan.


Tunggu... masih ada lagi kemampuan screen, yaitu membuat multiple session. Jadi dengan menggunakan sebuah terminal, kita bisa menjalankan beberapa buah program sekaligus secara interactive. Caranya?
1. Jalankan screen. Ini adalah session nomor satu. Untuk mengetestnya kita ketik saja di layar: "layar 1".


2. Kemudian kita tekan tombol ini: Ctrl - a kemudian c. Nah, disini kita telah me-create session kedua. Untuk mengetestnya, kita ketik saja di layarnya: "layar 2".


3. Berarti telah 2 session dong yang tercipta? Iya. Kita bisa berpindah2 dari satu session ke session yang lain dengan cara menekan tombol Ctrl - a - n (untuk next screen), dan Ctrl - a - p (untuk screen sebelumnya).
4. Jangan lupa untuk mematikan sessionnya dengan mengetikkan exit bila sudah.

Berikut ini adalah beberapa command screen:
1. Ctrl - a n dan Ctrl - a p, untuk berpindah2 dari satu screen ke screen yang lainnya.
2. Ctrl - a nomor, untuk berpindah dari screen 0 s/d 9.
3. Ctrl - a " , untuk melihat daftar screen yang ada misalkan kita lupa. Kita bisa memilih screen yang kita inginkan menggunakan tombol panah.


4. Ctrl - a A , untuk memberikan nama screen. Ini berguna di listnya, jadi kita dapat lebih mudah membedakan masing2 screen.




Kesimpulan
Ok deh, kira2 demikian artikel mengenai screen. Semoga screen ini dapat membantu/meringankan para admin di dalam melaksanakan tugasnya yang tidak pernah habis.

Tetap semangat!
Ilmu Pengetahuan adalah Milik Bersama.
Merdeka!

v.1.0 by ari_stress a.k.a tiger74 a.k.a Fajar Priyanto Bukit Sentul, 26 July 2006. Email: fajarpri at arinet dot org. He is a Microsoft Certified Professional who falls in love with Linux. Working at an automotive dealer in Jakarta.
Comments (2)
  • fish
    nambahin pak .. pake screen -S (apaaja) untuk memulai screen langsung pakai nama .. buat jaga jaga kalau semisal lupa screen yg mana :D
  • rifqi
    tapi kalo ssh via putty, terus download sesuatu menggunakan wget kemudian terminal langsung ditutup proses wget masih jalan lho mas.., soalnya saya sering begitu, download turus ditinggalin.. :p
Only registered users can write comments!